Copyright © 2024. Sekolah Al-Izhar Pondok Labu

Taman Kanak-Kanak

Taman Kanak-kanak Al-Izhar mengembangkan
kebiasaan baik, kemandirian dan kreativitas anak.

Masa TK (usia 4 s/d 6 tahun) masih termasuk dalam fase Pendidikan Anak Usia Dini sekaligus masa peralihan ke jenjang Sekolah Dasar. Pada tahap ini, anak semakin lancar bicara dan berhitung serta mulai mengenal bentuk, warna dan ukuran. Fokus kegiatan belajar mengajar, kami titikberatkan pada mengasah keterampilan belajar anak agar potensi unik anak berkembang dan memiliki keterampilan yang dibutuhkan di tingkat Taman Kanak-Kanak.

Taman Kanak-Kanak Al-Izhar Pondok Labu secara berkesinambungan mendidik anak dengan beragam pilihan kegiatan untuk mengembangkan berbagai kebiasaan baik, kemandirian dan kreativitas anak.

KB (Kelompok Bermain) AL-Izhar diperuntukkan bagi anak usia 2 s/d 4 tahun. Proses pendidikan di KB Al-Izhar adalah melalui permainan yang menyenangkan, terarah, edukatif untuk menumbuhkembangkan kreativitas dan potensi yang ada dalam diri anak. Untuk mengetahui perkembangan anak, diadakan pertemuan orangtua dan guru sebanyak dua kali persemester.


Nilai-Nilai

Pendidikan di Al-Izhar memiliki nilai-nilai untuk pengembangan karakter siswa agar kelak berperan positif dalam perkembangan kehidupan bermasyarakat.

  • Jujur
  • Menghargai
  • Berani
  • Pengasih
  • Rendah Hati
  • Nasionalis

Pimpinan Sekolah

Dra. Naily Tanjung, M.Si.
Kepala Sekolah
Maryamah, S.Pd
Wakil Kepala Sekolah

Struktur Sekolah


Visi dan Fokus Pengembangan Siswa

VISI

Menjadi pusat pendidikan yang menumbuh-kembangkan intelektual Islam berwawasan luas.

Fokus Pengembangan Siswa

Membantu mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki anak meliputi aspek moral dan nilai-nilai agama, sosial-emosional, bahasa, kognitif, fisik, dan seni sehingga memiliki keterampilan yang dibutuhkan untuk tingkat pendidkan selanjutnya (SD).


Kurikulum

Kelompok Bermain Al- Izhar Pondok Labu merupakan lembaga pendidikan nasional yang menggunakan :

  1. Kurikulum nasional sebagai standar minimum yaitu Standar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang ditetapkan Kemendiknas sebagai dasar penyelenggaraan program pendidikan, pengasuhan dan perlindungan anak dengan penyesuaian visi dan misi AL-Izhar.
  2. Bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar.
  3. Menekankan pada keterampilan proses dengan model pembelajaran Inquiry Based Learning (IBL) dan Evidence Based Practices (EBP) dalam membangun keterampilan berpikir yang disesuaikan dengan visi, misi dan moto AL-Izhar.

Pelaksanaan seluruh program pengasuhan, pendidikan dan perlindungan di KB Al-Izhar Pondok Labu melalui kegiatan intra dan ko-kurikuler.

Mengapa Memilih Al-Izhar

1. Mengembangkan Potensi Murid

Menyelenggarakan pendidikan yang menumbuhkembangkan potensi murid untuk menjadi manusia beriman, mandiri, kreatif, dan nasionalis yang mencintai keragaman.

2. Berbahasa Indonesia, Berorientasi Global

Membangun kesadaran murid sebagai warga dunia yang harus berkontribusi dengan tetap mencintai Indonesia dengan mengembangkan budaya tradisional dan berbahasa Indonesia.

3. Kurikulum Nasional Yang Diperkaya

Menyelenggarakan pendidikan umum berdasarkan Kurikulum Nasional yang mengembangkan nilai-nilai Islam: Jujur, Menghargai, Berani, Pengasih, Rendah Hati, Nasionalis.