Copyright © 2021. Sekolah Al-Izhar Pondok Labu

Berita

BERQURBAN MEMPERERAT PERSAUDARAAN, MEMPERKUKUH KEBANGSAAN

Jakarta – Hari raya Idul Adha 1440 H yang jatuh pada hari Minggu, 11 Agustus 2019 berlangsung sangat khidmat di Perguruan Al-Izhar Pondok Labu. Salat Idul Fitri yang dimulai pada pukul 06.30 WIB dipimpin oleh  Drs. otong Jaelani, M.Hum (Guru Al-Izhar) selaku guru agama SMA Al-Izhar dan ceramah kali ini disampaikan oleh Prof. Dr. Azyumardi Azra M.A. Jamaah yang datang pun memenuhi lapangan tengah hingga lapangan basket depan Gedung Utama Al-Izhar.

 Dalam khotbahnya, Prof. Dr. Azyumardi Azra M.A. menyampaikan, “Ibadah kurban dan ibadah haji berarti meningkatkan derma, infaq dan shadaqah, atau mengorbankan lebih banyak harta yang kita miliki pada mereka yang membutuhkan. Jika semua hal ini dilakukan, kita dapat mewujudkan solidaritas sosial atau kesetiakawanan di dalam masyarakat kita, sehingga kita bisa memiliki kohesi dan ketahanan sosial lebih kuat lagi. Untuk mencegah kerawanan sosial, setiap orang yang memiliki kelebihan harta perlu kian memiliki kepedulian, sensitivitas lingkungan dan solidaritas sosial.

Dalam kesempatan Idul Adha ini, marilah kembali meneguhkan keislaman dan keimanan; memperkuat kohesi sosial; dan mengulurkan bantuan kepada warga dan anak bangsa yang hidup dalam kenestapaan. Dengan begitu, kita semua dapat mengambil hikmah Idul Adha, Idul Hajj, dan Idul Kurban untuk merealisasikan secara aktual dalam berbagai aspek kehidupan kita.

Dana yang didapat dari pengumpulan qurban sebesar Rp 502.129.800,- dari uang tersebut panitia membeli sekaligus melakukan pemotongan hewan kurban sebanyak 17 ekor sapi di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) INKOPABRI, Cilangkap, Jakarta timur. Dari 17 ekor sapi panitia mengemasnya kedalam 1500 kantong plastik untuk dibagikan kepada masyarakat sekitar yang membutuhkan, dan uang senilai 3 ekor sapi di berikan kepada Rumah Zakat untuk dibuat kornet, yang kemudian akan digunakan dalam kegiatan sosial perguruan Islam Al-Izhar pondok labu, serta uang senilai 2 ekor sapi di berikan kepada lembaga-lembaga yang membutuhkan.

Selain itu, peran sukarelawan murid selalu hadir dalam setiap kesempatan, salah satunya dalam kegiatan Idul Adha. Kesukarelawanan terkenal dengan pengembangan keterampilan dan sering dimaksudkan untuk mempromosikan kebaikan  untuk meningkatkan kualitas hidup manusia yang membutuhkan. Keikutsertaan sukarelawan murid dalam hal ini adalah turut serta sejak pembagian kupon, pelaksanaan salat, dan pembagian kurban kepada masyarakat pra-sejahtera sekitar Al-Izhar Pondok labu. Mereka, merasakan rasa empati dengan terjun langsung belajar untuk saling berbagi dan peduli kepada sesama untuk membantu masyarakat tertentu.

Artikel oleh : Humas


Kategori


Ikuti Al-Izhar